Minggu, 21 Oktober 2018

ANALISIS TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN SAMSUNG (SWOT)

Hallooo para pembaca... Akhirnya Datang Juga di blog ini, kali ini saya akan membagi sebuah artikel tentang analisi teknologi sistem informasi. Artikel ini akan membahas penggunaan metode SWOT pada analisi teknologi sistem informasi di perusahaan SAMSUNG.

Yang akan di bahas pada artikel ini meliputi pengertian SAMSUNG, pengertian metode SWOT, macam - macam Strategi, Analisis perusahaan SAMSUNG menggunakan metode SWOT, dan strategi nya. Selamat Membaca 


SAMSUNG

 

logo samsung


Siapa sih yang tidak kenal brand ini, Samsung Group merupakan salah satu perusahaan
elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai. Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.


 SWOT

SWOT


SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi 


  • Kekuatan (Strengths), 
  • Kelemahan (Weaknesses), 
  • Peluang (Opportunities), dan 
  • Ancaman (Threats) .
Dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.


Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis 

SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana


  • Aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
  • Selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan,
  • Terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru. 
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.


STRATEGI

  1. Strategi SO (Strength and Opportunity). Strategi ini digunakan untuk menangkap dan memanfaatkan peluang industri yang ada dengan memaksimalkan kekuatan internal yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
  2. Strategi WO (Weakness and Opportunity). Strategi ini ditujukan untuk memperbaiki atau membenahi kelemahan yang dimiliki suatu perusahaan supaya dapat memanfaatkan atau mengambil peluang yang ada di industri.
  3. Strategi ST (Strength and Threat). Strategi ini  ditujukan untuk mengurangi atau meminimalisir ancaman industri  suatu perusahaan dengan memanfaatkan kekuatan internal suatu perusahaan.
  4. Strategi WT (Weakness and Threat). Strategi ini digunakan untuk memperbaiki kelemahan yang ada pada suatu perusahaan untuk meminimalisir ancaman. Strategi ini merupakan strategi untuk bertahan dalam peta persaingan.

ANALISIS PERUSAHAAN SAMSUNG MENGGUNAKAN METODE SWOT, dan STRATEGI NYA.

Strengths (Kekuatan)

  1. Samsung telah memprakarasai Era Digital sejak lama
  2. Memiliki brand image yang baik dan melekat dikalangan masyarakat
  3. Teknologi yang diciptakan mengikuti perkembangan jaman dan senantiasa melakukan inovasi-inovasi pada perkembangan produknya
  4. Menawarkan produk-produk yang memiliki kualitas tinggi
  5. Adanya diversifikasi produk
  6. Samsung merupakan supplier high end mobile headset
  7. Desain produk-produk Samsung sangat baik, bervariasi, dan di unggulkan
  8. Samsung merupakan pemegang pangsa pasar gobal terbesar untuk tiga belas item diantara produk Samsung, termasuk semikonduktor, TFT-LCD, monitor dan ponsel CDMA
  9. Samsung telah membuat kemajuan bersejarah di bidang R&D lini semikonduktor, termasuk flash memori dan non memori, semikonduktor pesanan, DRAM dan SRAM, dan juga memproduksi LCD terbaik di kelasnya, telpon seluler, peralatan digital dll
  10. Mengadakan partnership dengan Amerika dan perusahaan ternama lainnya.

 

Weakness (Kelemahan)


  1. Budaya korporasi yang tidak fleksibel
  2. Harga-harga produk Samsung memiliki beragam variasi dan masih kurang bisa dijangkau dibanding pesaingnya
  3. Investasi tinggi pada kativitas R&D (menginvestasikan paling sedikit 9% dari pendapatan penjualan pada aktivitas R&D)
  4. Pengalaman yang terbatas dalam mengelolah perusahaan secara global
  5. Belum mempunyai banyak pengalaman pada segmen televisi berteknologi tinggi
  6. Tidak mempunyai strategi marketing, masalah penyebaran produk akan meningkat
  7. Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mancapai target 
  8. Belum mempunyai jaringan penjualan dan pelayanan yang sebanding dengan pesaingnya.

 

Opportunities (Kesempatan)

  1. Era digital yang terus berkembang di jaman yang semakin modern ini menjadi peluang yang tinggi untuk terus berinovasi
  2. Masyarakat memiliki tingkat gengsi yang tinggi untuk terus ingin memiliki produk elektronik terbaru dan memiliki kecanggihan yang tinggi
  3. Adanya peningkatan permintaan oleh masyarakat terhadap barang-barang elektronik yang sudah menjadi suatu kebutuhan
  4. Pemasaran barang elektronik tidak ada batasnya akibat pengaruh dari globalisasi
  5. Samsung mempunyai program yang memperkuat pikiran dan mendorong kreativitas pada generasi muda
  6. Permintaan masyarakat terhadap produk yang fashionable, best practice, simple, dan respon yang cepat pada perubahan pasar. 

 

Threats (Ancaman)


  1. Merk lain memiliki kekuatan dan lebih dahulu menguasai pasar
  2. Adanya suatu ketergantungan pada produk-produk lokal di suatu negara tertentu sehingga pasar negara tersebut sulit ditembus
  3. Adanya produk dari perusahaan kompetitor yang menawarkan harga lebih murah dengan kualitas yang tidak tidak jauh berbeda dengan Samsung
  4. Tidak stabilnya perekonomian pada setiap negara
  5. Perusahaan kompetitor mengeluarkan produk-produk baru dan lebih inovatif
  6. Era globalisasi yang membuat perusahaan Eropa masuk dan melakukan penetrasi di wilayah pasar Asia
  7. Budaya Korea yang lebih menekankan hierarki sehingga dapat menghambat ide-ide kreatif atau pendapat yang berbeda
  8. Konsumen mempunyai banyak pilihan dan pertimbangan terhadap merk lain
  9. Terjadinya krisis financial yang akan menyebabkan turunya daya beli pada masyarakat
  10. Lingkungan bisnis yang sangat fluktuatif dan pasar yang semakin kompetitif.

 MEMBUAT ANALISIS STRATEGI

Strategi SO (Strength and Opportunity)

  1. Terus melakukan inovasi pada produk-produknya
  2. Memanfaatkan produksi massal, sehingga bisa menekan biaya dan bisa menawarkan harga yang lebih murah
  3. Memperkenalkan merk agar bisa terus mempertahankan pertumbuhan usaha serta perluasan pasar
  4. Investasi pada R&D dan terus mengadakan partnership dengan perusahaan-perusahaan ternama untuk menghadapi pemasaran yang tidak ada batasnya.

Strategi WO (Weakness and Opportunity)

  1. Memenuhi kebutuhan konsumen dan menjual produk yang memiliki kualitas standar dunia
  2. Menciptakan pangsa pasar yang baru untuk meningkatkan profitabilitas
  3. Menaikkan margin inovasi produk dalam rangka mengendalikan keuntungan
  4. Membeli atau bekerjasama dengan perusahaan lain untuk memperoleh teknologi lebih lanjut dalam mempercepat kemajuan teknologi.

Strategi ST (Strength and Threat)


  1. Terus menerus memebuat inovasi produk agar tidak kalah saing dengan perusahaan kompetitor
  2. Membuat brand-image Samsung lebih mendunia dan terkenal agar konsumen lebih tertarik pada Samsung
  3. Memfokuskan perhatian pada kualitas, teknologi, perluasan produk, dan memimpin harga yang terjangkau dengan tetap mengedepankan kualitas.
  4. Secara aktif melakukan investasi pada pemasaran dan distribusi serta memperluas pasa.

Strategi WT (Weakness and Threat)


  1. Terus melakukan inovasi dan terus menciptakan desain-desain yang menarik
  2. Perluasan ke pangsa pasar baru
  3. Investasi pada merk dan program loyalitas terhadap pelanggan
  4. Melakukan diferensiasi produk untuk menghindari komoditas pasar yang serupa.


Nahh sampai segitu saja artikel yang saya bagikan untuk para pembaca, semoga bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih.

sumber :



 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar