Sabtu, 23 Desember 2017

SISTEM PAKAR ANALISA JENIS CABAI



apakah Sistem pakar itu ???

Sistem pakar (Expert System / ES) adalah sistem yang digunakan untuk menggantikan peranan seorang pakar dalam memberi konsultasi kepada pimpinan dalam organisasi. Pimpinan organisasi biasa mempekerjakan staff ahli yang memiliki ke-pakar-an dalam bidang tertentu, misalnya dalam bidang keuangan, bidang pemasaran, bidang kesehatan, bidang mesin produksi, dan sebagainya. Ketika pakar sulit diperoleh karena jumlahnya sedikit atau terlalu sibuk dengan pekerjaan lain, maka diperlukan suatu sistem pakar untuk menggantikan peranan-nya dalam organisasi.

Ketika suatu sistem pakar akan dibangun, maka seorang pengembang software (software developer) bekerja bersama dengan seorang pakar, pengembang ini akan melakukan serangkaian tanya-jawab (knowledge acquisition) untuk mengumpulkan dasar-dasar pengetahuan (knowledge base) sang pakar. Dasar-dasar pengetahuan ini kemudian dialihkan menjadi basis-pengetahuan sistem pakar dalam bentuk fakta dan aturan. Kemudian pengembang membangun suatu mesin inferensi (inference engine) yang merupakan pembuat keputusan dalam sistem pakar, mengumpulkan informasi dari user melalui tanya jawab, dan membandingkan informasi ini dengan basis-pengetahuan, kemudian memutuskan apa yang harus di-informasikan ke pengguna berdasarkan data/informasi yang diberikannya.

Berikut saya akan mencontohkan bagaimana membuat Sistem Pakar sederhana dengan menggunakan SWI-Prolog, bisa didapatkan disini.


/*  identifikasi cabai


mulai dengan ?- mulai.     */


mulai :- hipotesis(Cabai),
write('Saya pikir Cabai itu adalah: '),
write(Cabai),
nl,
ulang.

Sabtu, 21 Oktober 2017

METODE PENCARIAN

Halo para pembaca, hari ini saya akan memberikan satu ilmu kepada kalian tentang METODE PENCARIAN. Sebenarnya ada banyak metode pencarian, tapi saya mengabil salah satu Metode Pencarian, yaitu Blind Search Breadth First Search. Silahkan Membaca. . .


BLIND SEARCH


Blind Search merupakan pencarian asal. Jika solusi sudah ditemukan, maka pencarian akan dihentikan. Jika dibuat skemanya, pencarian buta hanya mengenal 3 bagian yaitu [masalah]-[pencarian]-[solusi]. Blind search tidak mempunyai atribut atau informasi tambahan. Misalkan dalam kotak ada 3 kelereng warna merah, 3 biru, dan 3 kuning. Masalahnya adalah, ambillah satu kelereng yang berwarna merah. Solusi, setelah melakukan pencarian, kemudian didapat satu kelereng warna merah, nah, itulah solusinya. 
ciri2 Blind Search : 

Rabu, 04 Oktober 2017

AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

Halo visitor, terimakasih telah berkunjung di blog ini. Kali ini saya akan membahas tentang Apa pengertian AI dan seperti apakah AI itu. Okey... lansung di simak


Apakah AI itu?


AI (Artificial Intelligence) merupakan kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon.

Contoh AI

Saya akan mengambil contoh AI yaitu J.A.R.V.I.S pada film IronMan.
Mungkin para penggemar Marvel pasti tahu apa itu J.A.R.V.I.S pada film IronMan, 

Jarvis adalah singkatan dari Just A Rather Very Intelegent System .Jarvis ini merupakan komputer hologram yang dibuat oleh Tony Stark dalam film Ironman. Dalam film iron man Jarvis adalah komputer super pintar yang mampu berkomunikasi dengan Tony Stark sang tuannya ( pencipta ). Tugasnya

Senin, 25 September 2017

GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

Kali ini saya akan membahas tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, di simak yah kawan kawan



PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER



Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.
 
Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi: