Senin, 25 September 2017

GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

Kali ini saya akan membahas tentang Grafik Komputer dan Pengolahan Citra, di simak yah kawan kawan



PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER



Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.
 
Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi: 

  1. Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
     
  2. Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  3. Rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  4. Citra (Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.


PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA



Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression).
Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:



  1. Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh: mata manusia, kamera analog.
  2. Citra Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.

     

Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :

  • Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
  • Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
  • Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
  • Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
  • Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya.
  • Rekontruksi citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.

Bidang ilmu grafik kmputer dan pengolahan citra saat ini sangat cepat berkembang begitu juga pemanfaatannya, sehingga hal itu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pemanfaatan ilmu garfik komputer dan pengolahan citra serta implementasinya:

  1. Bidang Hiburan
    Pada saat ini hampir semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Mulai dari film kartun, iklan dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer dapat menghasilkan efek animasi film semakin baik dan menarik, contohnya: game, anime, dan film 3D.

     
  2. Bidang Pendidikan
    Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek secara nyata kepada siswa ataupun mahasiswa. seperti power point dan aplikasi lainnya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, gambar susunan tubuh manusia, dsb.

  3. Bidang Perancangan (Computer Aided Design / CAD)
    Pada bidang ini digunakan untuk merancang suatu desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu aritektur bangunan, desain kendaraan dengan software tertentu seperti autocad, 3D max. dll.

  4. Bidang Kedokteran
    Pengolahan citra sinar X contohnya untuk medeteksi kanker (kanker otak, kanker payudara), mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan, rekonstuksi foto janin (USG), dan sebagainya.

  5. Pada Virtual Reality
    Semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (Computer-Simulated Environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik


sumber :


 

created by yuda fajar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar