PENGERTIAN ILMU GRAFIK KOMPUTER
Ilmu Grafik Komputer atau grafika computer (computer
graphics) merupakan proses untuk menghasilkan atau menciptakan suatu gambar
berdasarkan deskripsi obyek maupun latar-belakang yang terkandung pada gambar
tersebut dengan menggunakan komputer. Bentuk dari grafik komputer ini berawal
dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer
yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D.
Ilmu komputer mempunyai dua cabang ahli yaitu pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Bagian dari grafika komputer meliputi:
- Geometri
: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
- Animasi
: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering
: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra
(Imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA
Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan mentrasformasikan citra menjadi citra lain, misalnya: pemanfaatan citra (image compression).
Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Pengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra) dilakukan secara otomatis oleh komputer agar suatu objek dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:
- Citra
Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog. Contoh:
mata manusia, kamera analog.
- Citra
Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu
kesatuan yang membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan
komputerisasi.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
- Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
- Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
- Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
- Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
- Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya.
- Rekontruksi
citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra
hasil proyeksi.
- Bidang
Hiburan
Pada saat ini hampir semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Mulai dari film kartun, iklan dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer dapat menghasilkan efek animasi film semakin baik dan menarik, contohnya: game, anime, dan film 3D.
- Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek secara nyata kepada siswa ataupun mahasiswa. seperti power point dan aplikasi lainnya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang, ruang, gambar susunan tubuh manusia, dsb. - Bidang
Perancangan (Computer Aided Design / CAD)
Pada bidang ini digunakan untuk merancang suatu desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu aritektur bangunan, desain kendaraan dengan software tertentu seperti autocad, 3D max. dll. - Bidang
Kedokteran
Pengolahan citra sinar X contohnya untuk medeteksi kanker (kanker otak, kanker payudara), mendeteksi retak/patah tulang dengan CT Scan, rekonstuksi foto janin (USG), dan sebagainya. - Pada Virtual Reality
Semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (Computer-Simulated Environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik
sumber :
created by yuda fajar
Tidak ada komentar :
Posting Komentar